Belida

1 12 2010

Ikan Belida adalah ikan yang tergolong sebagai ikan purba karena bentuk tubuhnya yang tidak lazim. Apabila ikan pada umumnya memiliki sirip ekor di bagian belakang tubuhnya, maka Ikan belida hanya memiliki sehelai ekor yang melambai-lambai berbarengan dengan gerakan tubuh bagian bawahnya. Bentuk kepalanya yang sedikit bungkuk juga membuat ikan ini unik. Keanehan ikan ini juga terletak pada tatapan matanya yang sekana kosong karena matanya cenderung reflektif dan menampilkan cahaya balik dari sumber cahaya di sekitarnya. Ikan ini digunakan sebagai maskot fauna Sumatera Selatan. Lokasi populasi utama ikan ini di Sumatera Selatan adalah di Danau Ranau dan Sungai Musi yang berai tawar. Namun, secara nasioanl, ikan ini banyak ditemui di sungai-sungai yang berlubuk di pulau Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Di pulau Jawa sendiri, ikan ini dapat ditemui pada Waduk Cirata, Bandung. Apabila dewasa, ikan ini mampu mencapai ukuran 1 meter di alam bebas dengan berat mencapai 10 kg atau lebih. Ikan yang tergolong nocturnal dan buas ini memiliki rasa yang enak. Ini terbukti dengan berbagai macam kerupuk dan kemplang yang dijual di Palembang dan sekitarnya yang menggunakan ikan ini. Selain kerupuk, Pempek Palembang rata-rata menggunakan bahan baku ikan belida sebagai komponen utamanya. Sebagai perbandingan, kerupuk dan kempalng dari daerah Bangka banyak menggunakan ikan tenggiri, Langka namun dapat dibudiyakan.

IKAN BELIDA (Notopetrus chitala H.B.)

Klasifikasinya : Bangsa Isospondyli, Suku Notopterridae

Berukuran cukup besar, panjang 87,5 cm & besar 0,5-1 kg, ada yg mencapai 5 kg. Badan pipih dgn kepala berukuran kecil & bagian tengkuk terlihat bungkuk.

Asalnya dari Kalimantan. Habitatnya di sungai-sungai & daerah yg sering tergenang banjir. Di daerah dataran rendah tdk lebih dari 30 m dpl. Penyebaran di Sumatera, Jawa & Kalimantan. Merupakan ikan air tawar yg bersifat predator & nokturnal (aktif pd malam hari). Siang hari biasanya bersembunyi di antara tumbuhan. Makanannya berupa anak-anak ikan & udang. Tak jarang mangsanya berukuran lebih besar. Ikan belida jantan bertugas membuat sarang yg dibuatnya dari ranting & daun, juga menjaga telur & anak-anaknya. Ikan belida dpt menghirup udara dari atmosfir.

 

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: